M Ilman Akbar WordCamp Jakarta 2017

[WCJKT] Scale Up Your Personal Blog


blog profesional adalah blog yang secara konsisten memberikan dampak positif bagi pembacanya

M Ilman Akbar (wcjkt2017)

Tulisan ini msih berkaitan dengan WordCamp Jakarta 2017 yang baru saya ikuti. Seperti yang sudah saya janjikan bahwa saya akan membuat beberapa tulisan tentang materi di acara tersebut. Untuk yang pertama adalah pemaparan dari M Ilman Akbar. Beliau adalah seorang Digital Marketing & Analytics di Traveloka. Materi yang dibawakannya adalah tentang bagaimana Scale Up Your Personal Blog.

Kalau ditanya alasan kenapa ngeblog jawabannya bisa bermacam-macam. Ada yang kaarena hobi, ada yang sekedar iseng, ada yang memang benar-benar menjadi blogger profesional. Bagi yang alasan ngeblognya karena hobi bisanya kalau diajak scale up blog nya mnjadi blog profesional suka ngeles. Dengan dalih bahwa dia tetap mempertahankan idealisme dan lain-lain. Atau dengan alasan ribet karena tidak bisa bahasa program web atau SEO. Saya termasuk orang yang ngeblog karena hobi. Dan, ketika diajak untuk scale up saya juga suka ngeles. Klau mau jujur sebenarnya saya belum siap untuk disiplin pada diri sendiri dalam urusan ngeblog.

Ternyata, tujuan menjadi blog professional bukan sekedar uang. Mas Ilman memberikan definisi blog profesioanl dalam arti yang lebih dalam. Menurutnya blog profesional adalah blog yang secara konsisten memberikan dampak positif bgi pembacanya. Apakah kita ngeblog hanya untuk diri sendiri? tentu ssaja tidak. Kita menulis di blog untuk dibaca orang lain dengan harapan setelah membaca tulisan kita orang tersebut akan mendapatkan sesuatu yang mungkin berguna bagi hidupnya.

M Ilman Akbar WordCamp Jakarta 2017

M Ilman Akbar wcjkt

Nah, untuk mewujudkan blog profesional, atau blog yang bisa memberikan dampak positif secara konsisten kepada pembacanya Mas Ilman memberikan kita 3 tips:

Know your audience

Artinya kita harus tahu untuk siapa kita menulis. Kalau dijabarkan lagi bisa kita persempit untuk usia berapa, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan lain-lain. Mengapa hal ini penting karena ini akan membantu kita menentukan gaya bahasa yang kita gunakan, lalu topik yang kita pilih da masih banyak hal lain. Dengan mengerti siapa yang kita tuju maka akan memudahkan kita untuk menulis.

Know How Make Them Reach your Blog/Post

Setelah kita bisa memetakan siapakah pembaca kita maka langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya para pemmbaca kita bisa mengakses tulisan kita. Caranya adalah dengan online marketing. Nah yang ini saya juga baru dengar dan baru mulai cari-cari informasi. Tips dari Mas Ilman adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan tulisan kita. Cara yang lain adalah dengan SEO (search engine optmization) dan masih banyak cara yang lainnya. Atau mungkin dengan cara membeli follower juga masuk di tips yang kedua ini hehe.

Know How to Post Consistently

Bagian yang ketiga ini adalah bagian yang susah-susah gampang. Banyak susahnya ketika dijalankan dan terasa sangat mudah ketika diucapkan. Alasan yang umum dan klise digunakan oleh orang yang mengalami masalah ini (termasuk saya) adalah waktu dan ide. Punya waktu tidak ada ide, dan begitu sebaliknya. Hal ini bisa disiasati dengan cara membentuk tim. Tim yang kita bentuk terdiri dari penulis dan editor. Tentu saja kita mengeluarkan biaya untuk mempekerjakan editor dan penulis. Untuk menghemat biaya kita bisa menggunkana jasa ghost writer untuk menulis di blog kita atau sebaliknya, kita menyewa editor, sehingga kita hanya membuat tulisan kasarnya dan serahkan ke editor. Dan selesai.

Dan saya juga baru tahu ternyata banyak website terkenal yang beerawal dari sebuah blog personal. Mas Ilman memberi contoh TechInAsia, kemudian Travel Canvas dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi sepertinya saya dan kita semua boleh bermimpi kelak blog kita akan menjadi sebuah blog yang professional. Semua itu menjadi mungkin jika kita mulai dari sekarang!

Tetap semangat dan sampai jumpa.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “[WCJKT] Scale Up Your Personal Blog

  1. Aisyah Rasyid (@Cicajoli) says:

    Setuju banget aku bang, tulisan yang kutulis buat orang lain, tujuan ku untuk kasih informasi ketika mereka ketik keyword di google, terkadang aku yang jadi pembaca dari tulisan ku sendiri, dapet ndak inti sari nya atau nggak hehe..

    Manteep dang bisa ikutan workshop sama Digital Marketing dari Traveloka uhuuy 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s