Welcome to Cashless Era


Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) sudah mengeluarkan regulasi tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway. Dengan terbitnya aturan ini maka dimulai lah kebijakan pembayaran tol non tunai dan lain-lain. Sampai mau naik bus yang bayarnya Rp 20.000 aja harus pakai debit haha. Terlepas dari pro kontranya. Saya mencoba melihat sisi positifnya sebagai masyarakat awam. Menurut saya ada beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran non tunai.

WhatsApp Image 2017-10-16 at 7.21.40 PM

Yang pertama adalah kecepatan dan kepraktisannya. Orang-orang zaman sekarang mobilitasnya sangat tinggi, jadi butuh segala sesuatu yang serba cepat dan ga ribet. Nah dengan pembayaran non tunai kan jadi cepat, kalau mau bayar ga perlu ngitung duitnya dan ga perlu ngitung kembalian. Kemudian juga mengurangi celah oknum tidak bertanggung jawab (ngasih kembalian kurang) dll. Bagi yang suka belanja di minimarket tapi ga suka dengan alasan kasir ga ada kembalian pembayaran non tunai juga bisa jadi solusi. Dan tentu saja semakin lama pembayaran non tunai jadi semakin praktis. Dulu untuk bayar tol cuma bisa pakai mandiri, sekarang sudah bisa menggunakan uang elektronik lainnya. Jadi tidak perlu punya banyak kartu untuk bermacam-macam pembayaran.

Yang kedua adalah secara tidak langsung mengajak kita semua untuk menabung. Kalau bayar-bayar ini itu lebih praktis dan cepat menggunakan non tunai maka secara ga langsung uang masyarakat akan terkumpul di bank. Emang tidak banyak sih. Tapi, pernah kepikiran ga? minimal kita top up uang elektronik kita Rp. 50.000. Saldo sebanyak itu kan tidak langsung habis. Nah, dana itu nantinya yang akan digunakan bank untuk membiayai banyak hal. Bisa jadi proyek infrastruktur, bisa jadi untuk permodalan UKM dll.

Yang ketiga tentu saja teknologinya. Saya pernah liat video di FB tentang toko di China yang ga pake penjaga sama sekali. Keren banget kan. Lah kok bisa? bayarnya gimana? nanti kalau curang gimana?. Nah itu semua jadi mungkin dengan pembayaran non tunai hihi. Karena blog gratisan saya tidak bisa embed video silahkan tonton videonya di sini.

 

Emang segala sesuatunya emang banyak pro dan kontranya sih. Ada juga yang bilang kalau pembayaran non tunai bisa berdampak PHK besar-besaran petugas jalan tol. Kemudian ada juga video yang viral di FB tentang bapak2 yang keukeuh  tidak mau bayar pakai non tunai. Tapi yang jelas sekarang ini sudah tiba zaman cashless atau non tunai. Jadi ya mau ga mau sih (kalau menurut saya) kita hrus mengikuti zaman kalau ga mau ketinggalan. Seperti yang Pak Presiden Jokowi sampaikan, “Negara lain sudah pakai, maka kita juga pakai”. Bukan sekedar mau ikut2an, tapi kalau untuk yang lebih baik kenapa enggak, ya kaaan.

Advertisements

One thought on “Welcome to Cashless Era

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s