Main Air dan makan Buah Tampoi di Air Terjun Guruh Gemurai


Air Terjun Guruh Gemurai

Kali ini saya bersama keluarga berkesempatan untuk wisata ke Air terjun Guruh Gemurai di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi sekitar 59 km dari Kota Taluk Kuantan. Sebelumnya kami berencana untuk mengisi long weekend libur natal ke Danau singkarak yang terletak di Provinsi Sumbar, akan tetapi kami mengurngkan niat karena jarak yang lumayan jauh. Akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Guruh Gemurai, itung-itung memajukan potensi wisata lokal *tsaaah. Dan ternyata wisata lokal juga tidak kalah lho dibandingkan dengan wisata yang ada di daerah lain. Air Terjun Guruh Gemurai sendiri adalah sebuah air terjun alami yang terletak di tengah hutan. Suasananya masih sangat asri. Airnya jernih dan dingin, kebtulan bulan desember curah hujan sangat tinggi. Wisata ke Air Terjun Guruh Gemurai memiliki keasyikan tersendirI karena untuk mencapai air terjun kita harus mnuruni tangga yang lumayan panjang dan terjal. Tapi tenang saja, pihak pengelola sudah membuat tangga permanen yang saya rasa cukup aman untuk dilewati.

P_20151227_135953

Daaan menurut saya menuruni tangga menuju ke air terjun lebih menantang dibanding perjalanan pulang hehe. Bahkan ada tangga yang kemiringannya hampir 90 derajat. tapi itu semua akan terbayar dengan keindahan air terjun dan kesegaran airnya. Saya tidak tahan untuk mencoba mandi di air terjun hehe

P_20151227_140458

P_20151227_142157

  Disekitar lokasi wisata juga banyak masyarakat yang berjualan, dan mereka banyak menjula buah Tampoi, saya sendiri kurang tau apa itu buah tampoi, kalau menurut saya rasa dan bentuknya seperti manggis hehe.

Buah TampoiPotensi wisata lokal seperti Air Terjun Guruh Gemurai ini harus kita dukung dan lestarikan karena sektor pariwisata adalah sektor yang paling murah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Secara umum pengelola air terjun sudah berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik untuk para pengunjung. Hanya saja diperlukan eberapa perbaikan di beberapa sektor. Yang paling mencolok menurut saya adalah masalah sampah. Masalah klise memang, tapi itulah fakta dari wajah pariwisata indonesia. Apalagi di air terjun yang memang topografinya sangat beragam sehingga susah untuk menempatkan kantung kantung sampah. Kemudain fasilitas umum seperti kamar mandi yang tidak terpelihara dengan baik. Saya sebagai pengunjung dan warga Kuantan Singingi tentunya sangat berharap bahwa wisata lokal seperti ii bisa terus diperbaiki sehingga menjadi kebanggan Masyarakat Kuantan SIngingi.

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Main Air dan makan Buah Tampoi di Air Terjun Guruh Gemurai

  1. Rata-rata jalan menuju ke arah air terjun pasti harus jalan kaki yang naik turun. Makanya aku males ke tempat wisata air terjun #lah hahaha. Eh buah nya unik, belum pernah tau dan liat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s