Wisata Alam Kawah Papandayan


Gunung Papandayan

Kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi wisata alam Kawah Gunung Papandayan yang letaknnya di Cisurupan, Garut. Gunung Papandayan sendiri merupakan gunung api dengan ketinggian 2665 meter diatas permukaan laut. Topografi di kawasan gn. Papandayan curam, kelembaban udara 70-80 % serta temperatur 10 0C (sumber: WIKIPEDIA). Tetapi tenang saja, karena tidak perlu bercapek-capek untuk mencapai kawah gunung Papandayan. Kawah gunung Papandayan bisa dicapai sekitar 30 menit dari Cisurupan menggunakan sepeda motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Beberapa situs online menulis bahwa gunung Papandayan cocok untuk pendaki pemula karena medannya yang belum terlalu berat. Biasanya para pendaki berjalan hingga Kawasan Pondok Saladah yang merupakan kawasan padang rumput, cocok untuk berkemah. Saya sendiri belum pernah ke Pondok Saladah. Untuk mencapai Pondok Saladah bisa dengan berjalan kaki selama kurang lebih dua jam.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Para pendaki yang akan melakukan kemah harus melapor dulu ke petugas

Gunung Papandayan

Fasilitas Parkir

Gunung Papandayan

Bagi anda yang ingin merasakan atmosfer gunung tanpa harus menguras kondisi fisik anda Wisata Alam Kawah Gunung Papandayan ini bisa menjadi pilihan. Saran saya jika anda ingin berwisata ke tempat ini anda bisa memepersiapkan masker dan pakaian hangat. Karena ketika anda tiba di kawah anda akan mencium bau belerang yang cukup kuat serta udara yang cukup dingin. Persiapkan air minum yang cukup agar anda tidak kehausan begitu tiba diatas kawah. Sealamat mencoba Smile

4 thoughts on “Wisata Alam Kawah Papandayan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s