Segelas Susu dan Pemburu Senja


2013-01-28 17.49.21

Tanggal 26 januari sampai 1 februari 2013 lalu saya melakukan praktek lapang di kawasan peternakan sapi perah Kab. Bogor (Kunak). Kegiatan ini masih dalam rangkaian Program Pendidikan Dokter Hewan (PPDH) yang sedang saya ikuti. Banyak sekali hal menyenangkan yang saya temui selama seminggu di tempat ini selain kasus penyakit hewan yang bisa menambah pengetahuan saya. Yang paling berkesan adalah rasa kekeluargaan yang ditunjukkan oleh peternak yang menjadi pengasuh kami selama kegiatan ini. Setiap pagi kami diberi kesempatan untuk belajar memerah susu. Belajar memerah susu bukanlan hal yang murah. Sapi perah sangat sensitif, produksi susunya akan menurun ketika diperah oleh orang yang berpengalaman atau orang baru. Penurunan produksi bisa lebih dari 20%. Tetapi pengasuh kami mau memberikan kesempatan belajar memerah itu kepada saya dan teman-teman saya. Terima kasih buat pak Agus dan Pak Iman Hartono. Tidak hanya belajar memerah, setiap pagi kami juga disuguhi susu segar pandan gula merah yang sangat sedap. Hal seru yang lainnya adalah memburu senja. Topografi daerah kunak yang berbukit bukit menawarkan pemandangan yang luar biasa pada sore hari. Saya bisa melihat sunset dengan langit berwarna oranye. Dan biasanya ketika sore tiba saya dan teman-teman berangkat ke atas bukit untuk melihat lukisan alam yang indah ini. Sulit rasanya untuk melewatkan pemandangan seperti ini karena kami adalah pemburu senja. Saya akan sangat merindukan suasana di Kunak.

2013-01-28 17.46.43

Leave a Reply

