Berkat Ngeblog Part-2


27 Okteber 2011

Saya yang belum setahun ngeblog ditanya “Pencapaian apa saja yang sudah kamu dapatkan dari Ngeblog?”. Saya diam. Jelas saja saya bingung mau menjawab apa. Saat itu saya masih berfikiran ngeblog hanyalah untuk kesengangan batin belaka. Tidak lebih. Menyenangkan bisa berbagi dengan banyak orang, bahkan dengan orang yang belum saya kenal. Berbeda dengan kuliah, saya mengawali kuliah dengan niat untuk mencetak prestasi, saya ngeblog nyaris tanpa target apapun. Makanya lantas saya tidak heran ketika saya kebingungan ditanya pencapaian apa yang telah saya dapatkan dengan ngeblog. Saya termasuk blogger yang malas menjadi bounty hunter dengan ikut kuis di sana-sini. Tidak sampai sepuluh kali saya ikut kuis blog. Tidak heran juga saya tidak pernah menang kuis blog.Pertanyaan tentang pencapaian apa yang sudah saya capai dari ngeblog masih menghantui saya. Akhirnya saya menjawab pertanyaan itu di blog saya. Ajaib, ternyata tulisan saya tentang pencapaian yang saya capai lewat blog diterbitkan dalam buku BERKAT NGEBLOG –sujud syukur-. Kejadian itu seakan memberi teguran, sekaligus semangat baru. Teguran bahwa pendapat saya jika ngeblog adalah untuk sendiri adalah salah. Ngeblog bukan hanya untuk saya sendiri. Internet adalah ruang publik. Siapapun bisa membaca blog saya.Oleh karena itu saya harus bertanggung jawab secara moral terhadap apa yang saya tulis. Yang kedua tentu ini semangat yang uar biasa bagi saya. Rekan-rekan di dunia blog memberi penghargaan lebih dari yang saya bayangkan.

27 Oktober 2012

Kali ini saya akan mantap menjawab pertanyaan yang setahun lalu membuat saya bingung. Saya akan menjawab bahwa pencapaian yang telah saya capai berkat ngeblog selama hampir dua tahun ini adalah “saya terlihat lebih pintar dari yang sebenarnya”. Bukan, saya ngeblog bukan untuk sebuah pencitraan. Tetapi tanpa disadari orang yang kenal saya lewat blog akan menilai saya dengan membaca tulisan saya. Saya sering menulis tentang bidang profesi saya yaitu bidang kedokteran hewan. Lebih khususnya lagi saya sering menulis tentang satwa liar. Sebagian orang yang kenal saya lewat blog mengira bahwa saya mengerti betul tentang satwa liar. Beberapa sampai ada yang mengirimkan email untk bertanya lebih lanjut tentang apa yang saya tulis. Kemudian saya juga sering mengunggah foto hasil jepretan kamera saya, dan sama, sampai ada yang mengirimi saya email untuk bertanya lebih lanjut tentang fotografi.

Ngeblog juga sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk bertemu orang-orang yang luar biasa. Saya bertemu dengan banyak sekali orang yang kreatif dan inspiratif. Berkat ngeblog pula saya dipercaya menjadi Juri di IPB Blogging Competition 2012. Berkat Ngeblog saat ini saya sedang mengerjakan buku kedua saya –tunggu tanggal terbitnya ya-. Berkat ngeblog saat ini saya mengelola majalah digital tentang kesehatan satwaliar di satwaliar.org. Terakhir, harapan saya adalah bisa terus ngeblog dengan konsisten. Saya juga ingin memberikan penghargaanyang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan BloggerIPB Miftah, Adietya, Elka, Sentani, Danang. Kepada Rekan-rekan Komunitas ATD Sopy, Aisyah, Kak Dika, Tile. Kepada rekan-rekan BicaraDesa.com Syifa, Kukuh, Ume, Gress, dan Sisi. Dan semua yang telah memberikan dukungan kepada saya untuk terus ngeblog hingga internet hilang dari muka bumi. Selamat Hari Blogger Nasional !!

4 thoughts on “Berkat Ngeblog Part-2

Leave a Reply

