Speak Your Agriculture Up!


Hari ini 24 Juni 2012, tepat sehari setelah 23 juni 2012. Hari sabtu yang spesial bagi saya karena saya jadi bagian dari sebuah acara yang -munurut saya- menggugah jiwa. IPB Blogging Day, acara yang membuka wawasan tentang bagaimana menggunakan potensi internet untuk memajukan pertanian.

Tak dapat dipungkiri jika saat ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, especially mahasiswa seperti saya. Jarkom, aliran informasi, foto, video apapun itu lebih banyak kita sharing di internet. Menteri KOMINFO BEM KM IPB dalam sambutannya pada acara IPB Blogging Day mengatakan bahwa Twitter sangat membantu penyebaran informasi saat terjadi penembakan di kampus IPB. Tweet yang berisi sketsa wajah pelaku yang dikirimkan akun @bemkmipb di jadikan rujukan oleh beberapa media nasional dan regional. Dan dalam satu hari itu jumlah follower @bemkmipb melonjak drastis. Kemudian beliau juga menganalogikan jika Indonesian Idol saja bisa menjadi trending topic world wide kenapa pertanian tidak?. Pertanyaan yang terdengar main-main tapi jujur bagi saya pertanyaan ini memiliki makna yang cukup dalam. Senada dengan Menteri KOMINFO BEM KM IPB Rektor IPB pun mengamini hal tersebut. Jika IPB -dalam hal ini pengambil kebijakan- sudah mendukung maka tinggal realisasinya oleh semua civitas IPB tentunya.

IPB Blogging Day yang merupakan rangkaian acara dari The 5th Journalistic Fair menghadirkan materi tentang citizen journalism, photoblogging, dan search engine optimizer (SEO). Bang -saya lebih senang memanggil begitu- Feri Latief yang membawakan materi citizen journalism dan fotoblog. Menurut beliau saat ini jurnalisme warga sedang bersaing dengan jurnalisme main stream. Jurnalisma warga memiliki beberapa keunggulan dari jurnalisme warga antara lain kecepatan, dan independensi. Dalam jurnalisme warga siapapun bisa mnejadi reporter yang akan melaporkan apapun yang terjadi di sekitarnya. Tentunya dengan keadaan seperti ini keterkinian berita dari jurnalisme warga jadi garansi. Faktor indepensi jurnalisme warga juga menjadi keunggulan jurnalisme warga. Saat ini masyarakat mulai jenuh dengan pemberitaan main stream yang lebih mengedapankan efek dramatis, pencitraan, gossip, kekerasan dan hal lain yang tujuannya untuk mengejar rating. Namun jurnalisme warga juga bukan tanpa cacat. Salah satunya adalah keabsahan berita yang belum bisa dipertanggung jawabkan. Karena yang menjadi reporter adalah masyarakat biasa tentunya kemampuan riset -dalam hal dana dan sumber daya lain- tidak sebanding dengan media utama. Juga tidak semua masyrakat memiliki kemampuan jurnalistik yang memadai. Terlepas dari itu semua jurnalisme warga adalah salah satu bentuk jurnalistik moderen yang mau tidak mau kita pun harus mengikutinya.

Selain membahas tentang jurnalisme warga IPB Blogging Day juga menghadirkan Blogger Bogor, Blogger Asean, Blogger IPB, Indonesia Berkebun, Dosen yang aktif “ngeblog”, dan Bapak Blogger IPB Bapak Prof. Sjafri. Banyak sekali wawasan bagaimana menggali potensi pertanian melalui internet. Kemajuan teknologi sudah sewajarnya kita gunakan untuk hal yang berguna seperti mengangkat pertanian Indonesia. Indonesia berkebun sudah mencontohkan bagaimana menggunakan kekuatan sosial media. Saatnya kita sebagai insan akademika IPB memajukan pertanian dengan media internet. IPB sebagai institusi pertanian saat berpotensi menjadi bank ilmu dan konten pertanian. Dan itu memang menjadi keharusan karena hal tersebut merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi juga.

Nah, mari kita jaga semangat ini. Let’s speak Your Agriculture Up!. Blogger IPB bekerja sama dengan BEM KM IPB mengadakan lomba blog pertanian. Disediakan hadiah menarik loh. Walauapun dengan atau tanpa hadiah pun kita sebagai Mahasiswa Pertanian harus menularkan ilmu kita, salah satunya dengan menggunakan media Internet.

Untuk Info lebih lanjut silahkan kunjungi http://bloggeripb.org/bloggingday

4 thoughts on “Speak Your Agriculture Up!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s