Setengah Hari Bersama Pasukan “ZOONORANGER”


Salah satu kata yang bisa menggambarkan anak-anak adalah lucu. Mereka lucu dengan kepolosan yang mereka miliki. Lucu dengan kecerdasan yang mereka miliki dan lucu karena ketulusan dan kejujuran hati mereka. Beberapa waktu lalu saya diajak oleh teman saya Mbak Lina untuk berpartisipasi pada acara Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diketuainya. Dalam kegitan PKM ini kami mengenalkan kepada siswa SD dan siswa SMP untuk mengenal dan menyayangi satwa. Tidak hanya mengenal dan menyayangi satwa tetapi juga meberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan satwa dan kebersihan diri sagar terhindar dari bahaya zoonosis (penjelasan tentang zoonosis dapat dilihat di sini).

Banyak kejadian lucu ketika berada di tengah anak-anak. Jokes mereka yang masih asing di telinga saya membuat saya tidak berhenti tertawa. Yang lebih lucu lagi ketika sampai kepada permainan melukis payung hias. Anak-anak perempuan berkreasi dengan imajinasinya sendiri, mereka menggambar kupu-kupu, bunga, sapi yang lucu, kucing yang lucu ditambah dengan kata-kata yang berisi kampanye kebersihan. Menurut saya sih ini standar anak-anak (hihihii). Beralih ke anak-anak laki-laki, mereka sukses mebuat saya tertawa. Mereka tidak menggambar seperti apa yang kami instruksikan, mereka menggambar lambang band elite tanah air seperti Slank dan Iwan Fals haha. Begitu juga dengan pesan yang disampaikan, bukan tentang kebersihan tapi tentang narkoba, korupsi dan lain-lain. Ada juga yang menggambar kaligrafi. Secara umum mereka sangat kreatif. Saya jadi minder ketika saya membayangkan sewaktu saya duduk di bangku SD dan SMP seperti mereka saya mungkin tidak tahu harus menggambar apa.

Menyenang sekali berada ditengah anak-anak. Mereka masih bebas berimajinasi tanpa terbebani oleh dunia. Tidak seharusnya ada anak-anak yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain dan belajar seperti layaknya anak-anak.

3 thoughts on “Setengah Hari Bersama Pasukan “ZOONORANGER”

Leave a Reply

