Trial and Error Levitation Photo


Cerita berawal dari tantangan junior saya di satli saat acara pelantikan “kak, bisa bikin foto levitasi ga?”. Awalnya saya bingung, saya baru dengar foto levitasi dari dia. Dia juga merekomendasikan yowayowacamera.com. Setelah saya kunjungi situs tersebut saya hanya bisa bengong sejenak. Foto-foto di dalam situs tersebut luar biasa. Pemiliknya seorang cewek berkebangsaan jepang. Situs tersebut dia dedikasikan untuk mendokumentasikan foto-foto levitasi yang dia buat di negaranya yaitu jepang.

Setelah gugling kesana kemari akhirnya ada beberapa tutorial yang saya dapat. Kesimpulan sementara yang saya dapat teknik ini membutuhkan speed yang tinggi. Prinsipnya sama persis dengan teknik freeze. Kebetulan saya sudah beberapa kali membuat foto freeze. Yang membedakan foto levitasi dengan foto freeze biasa menurut saya terletak pada konsepnya. Foto levitasi memperlihatkan bahwa objek dalam foto benar-benar bisa terbang, dalam artian tidak melompat. Ekspresi, dan gestur tubuh, bahkan pakaian yang digunakan sebisa mungkin harus bisa menghilangkan kesan bahwa objek sedang melompat.

Kesulitan yang saya temui saat mencoba teknik ini tidak terletak pada teknik. Kesulitannya terletak pada model. Mode yang kita foto harus mampu melompat tetapi terlihat seperti terbang. Hal ini saya alami sendiri ketika saya mencoba menjadi model untuk foto levitasi, hanya satu yang berhasil, itupun tak luput dari kesalahan, koran yang saya pegang terlihat tidak natural. Untuk teknik pengambilan foto saya menggunakan mode TV dan speed saya atur dari 1/200 hingga 1/400. Untuk kecepatan focusing saya menggunakan mode servo. Diafragma sengaja saya atur menjadi kecil untuk menghindari kesalahan blur pada objek apabila terjadi kesalahan fokus. Mengenai diafragma menurut saya bisa diatur tergantung selera dan kebutuhan sang fotografer.

10 thoughts on “Trial and Error Levitation Photo

  1. ooh, jadi ini salah satu teknik editing foto ? pantess, ada foto senior saya di facebook naik sapu, saya kira hebat banget ambil fotonya kok bisa pas, ternyataaaa :D

Leave a Reply

