Candi di Kampus UII


Indonesia memiliki banyak sekali situs purbakala. Sebut saja Candi Prambanan, Candi Borobudur dan masih banyak yang lainnya. Baru-baru ini kita juga dihebohkan tentang Gunung Sadahurip di Garut yang diduga merupakan sebuah piramid, meskipun masih belum ada beberapa kalangan yang berbeda pendapat tentang kebenaran piramid tersebut. Selain piramid di Gunung Sadahurip, pada agustus 2011 juga ditemukan situs purbakala di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta.

Hingga tulisan ini dibuat belum banyak informasi tentang candi yang ditemukan pada saat pembangunan perpustakaan UII ini. Beruntung pada desember 2011 lalu saya berkesempatan mengunjungi candi tersebut. Sayang saat saya mengunjungi candi tersebut pada jam istirahat, akibatnya saya tidak bisa masuk untuk melihat-lihat museumnya. Berikut ini ada beberapa foto yang sempat saya ambil. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa membuka tautan berikut ini

http://fit.uii.ac.id/berita-universitas/penemuan-candi-di-kampus-uii-ditemukan-patung-ganesha.html

http://oase.kompas.com/read/2009/12/12/18051680/Candi.Terkubur.di.Bawah.Kampus.UII.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/08/03/lpct7p-tuntaspemugaran-candi-kimpulan-di-kompleks-kampus-uii-yogyakarta

9 thoughts on “Candi di Kampus UII

  1. Apa kabar mas agus..?
    wah tulisannya terkait sama saya hehe.. pertama saya asli garut,,, tp malah baru tahu ada gunung sadahurip.. pantas saja teman saya kemarin sms ada piramida di garut, luar biasa..
    Saya pernah ke UII juga tapi belum sempat lihat candinya.. ckckc.. sayang

  2. Ngebayangin kalau pas lagi praktek nanam pohon di Fahutan mendadak nemuin piramida/candi/kota bawah tanah… pasti bakalan sangat amat heboh :P #ngarep

Leave a Reply

