Terkurung Gunung Seribu (Ketep Pass)


Rasanya ungkapan “terkurung gunung seribu” seperti pada lirik lagu Bengawan Solo juga cocok untuk menggambarkan Bukit Ketep. Bukit ketep adalah salah satu titik untuk mengamati gunung merapi. Liburan tahun Natal dan tahun Baru (2011) lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Dan saya memberi nilai delapan untuk tempat ini. Secara pemandangan tempat ini menurut saya luar biasa. Seakan mata saya tidak bosan-bosan untuk memandangi gunung-gunung yang terlihat dari sekitar bukit ketep.Bukit ketep terletak diantara dua gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari bukit ini kita bisa melihat beberapa gunung, total ada tujuh gunung, antara lain Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Bibi dan ada satu gunung lagi yang saya tidak ingat namanya. Obyek wisata ini terletak 1200 mdpl. Udaranya sangat nyaman dan jauh dari polusi. Fasilitas yang tersedia di tempat ini pun bisa dikatakan baik, terdapat musem vulkanologi dan beberapa gardu pandang. Tempat ini wajib dikunjungi jika kita ingin berwisata di daerah jogja atau jawa tengah.

Tempat ini juga saya rekomendasikan bagi nada yang menyukai fotografi. Pemandangan di ketep sayang apabila tidak terkam di lensa anda. Tempat ini cocok untuk berburu foto landscape. Beberapa sudut juga cocok untuk pemotretan model atau prewedding. Tidak seperti tempat wisata yang sudah mulai dikenal, di tempat ini tidak dikenakan biaya tambahan untuk kamera (saya menggunakan kamera DSLR).

6 thoughts on “Terkurung Gunung Seribu (Ketep Pass)

  1. Satu lagi yang penting, gunung besar yg bisa dilihat Gung: Gunung Slamet di arah timur.
    Ada 5 gunung besar yg bsa dinikmati Mas, G.Merapi (terdekat), G.Sindoro, G.Sumbing, G.Merbabu (arah barat), dan G.Slamet, plus gunung2 yg saya malah g apal namanya, kyk Telomoyo, dll….makanya di Ketep Pass ada semacam pelataran berbentuk undagi (atau apa istilahnya, yg kayak undak2-an/pelataran ber-anak tangga) yg disebut Panca Arga (Panca:5, Arga/Argo/Giri: Gunung)….dari situ bisa ngliat view 5 gunung besar td Mas Agung….
    wah,kapan2 saya harus kembali jalan2 ke sana…..terlebih saat tidak mudah lagi menemukan udara segar,,,,

Leave a Reply

