Ga Melulu Masalah Eksis dan Ga Eksis


Ngeblog berarti eksis. Saya sependapat dengan itu. Terus terang saja, alasan saya ngeblog adalah untuk bisa eksis di dunia maya. Setidaknya ketika saya mengetikkan nama saya di Google yang muncul bukan saja FB atau Twitter saya. Entah apa alasannya saya merasa keren dengan hal itu. Mungkin karena pengaruh film yang saya tonton. Untuk membuktikan kepopuleran seseorang biasanya mereka menggunakan cara seperti itu. Begitu juga ketika seseorang yang sedang menyembunyikan identitasnya. Tidak ada sedikitpun jejak yang mereka tinggalkan di internet. Ya, itulah salah satu alasan saya ngeblog.

Tidak ada yang salah dengan alasan saya ngeblog. Artinya memang salah satu keuntungan yang didapat dari ngeblog adalah eksis di dunia maya. Alasan lain yang baru belakangan ini saya dapatkan adalah bahwa dengan ngeblog berarti kita jua sudah membuat sejarah. Selain itu, dengan ngeblog berarti kita sudah membuat sesuatu yang ilmiah.

Mari kita bahas satu persatu alasan saya. Yang pertama adalah ngeblog berarti sejarah. Anda masih ingat bedanya zaman sejarah dan zaman prasejarah?. Ya, yang membedakan kedua zaman tersebut adalah kehadiran tulisan. Munculnya tulisan sudah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pada kehidupan manusia. Ingatan manusia sangat terbatas. Manusia perlu membuat catatan agar apa yang telah diketahui atau dialami tidak hilang dari ingatan. Dengan ngeblog anda dapat melakukan ini. Tulisan yang anda buat akan terus tersimpan di Internet. Mungkin saat ini yang kita tulis adalah sekedar tulisan tentang kegalauan kita. Tapi siapa yang bisa menyangka mungkin 1000 atau sejuta tahun lagi manusia sudah tidak tahu apa itu galau. Mereka akan menemukan jawabannya di tulisan yang anda buat.

Kemudian tentang hubungan ngeblog dengan ilmiah. Saya pernah mendengar pendapat bahwa bedanya antara ilmuwan dengan orang biasa terletak pada tulisannya. Ilmuwan akan menuliskan apa yang pernah ia lakukan. Menganalisanya dan menyimpulkan. Kemudian ilmuwan akan membaginya dengan masyarakat luas. Mungkin sudah banyak orang yang melakukan apa yang ilmuawan lakukan, tetapi hanya ilmuwan saja yang melakukan, sekaligus mencatat, menganalisa dan menyimpulkannya. Sama dengan alasan yang saya sebutkan di atas. Sebut saja hari ini anda menulis tentang tatacara menanam kangkung. Anda menulisnya di blog, mengunggah foto proses penanamannya, juga mengunggah video cara penanamannya. Saya akan bilang bahwa anda sudah melakukan sesuatu yang ilmiah. Akan lebih ilmiah lagi jika anda juga melaporkan hasilnya, lalu menganalisa hasilnya dan menyimpulkannya. Apabila anda melakukannya secara konsisten bukan tidak mungkin anda akan dipanggil ahli menanam sayur. Ngeblog juga sebagai proses pembelajaran. Tulisan yang baik akan didukung dengan data-data pendukung. Ketika anda menulis temtang Facebook misalnya, pasti anda akan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang facebook, di sanalah letak pembelajarannya.

Mungkin anda masih beranggapan negatif terhadap blog. Saya tidak menampik pendapat anda. Blog dengan isi berkualitas memang belum banyak. Apalagi bagi anda yang sering kesasar ke blog yang tidak jelas isinya karena teknik SEO. Saya hanya ingin menunjukkan bahwa yang anda temui itu bukan represntasi blog secara keseluruhan. Masih banyak hal yang positif dari ngeblog.

7 thoughts on “Ga Melulu Masalah Eksis dan Ga Eksis

  1. Suka. Suka. Suka banget sama posting ini, TOP pokoknya. Blog memang melatih penulisan kita, melatih diri kita dalam menyampaikan pendapat, dan mendorong diri kita agar bisa berbeda, bisa menjadi unik, bisa bertukar pikiran dan menjadi lebih baik. TOP!:mrgreen:

  2. Saya tergolong orang yang merahasiakan identitas. Tapi saya nge-blog kok, dan saya merasa keren dengan itu. Hehehe… (Biarpun yang muncul pastinya bukan identitas asli saya)
    Ngeblog itu mengembangkan keterampilan menulis, kalau menurut saya. Ya, meskipun sebenarnya saya tidak merasakan peningkatan keterampilan menulis saya.:mrgreen:

Leave a Reply

