Meet Adie MS (INDEX 2011)


Minggu 11 desember 2011 lalu saya mengikuti acara yang diadakan Fakultas Ekologi Manusia IPB. Acaranya diberi nama Indonesian Ecology Expo (INDEX) 2011. Sebenarnya saya ikut acara ini karena teman saya menjadi finalis salah satu lomba yang diadakan pada acara ini.

Secara umum acara ini bagus. Banyak LSM maupun komunitas yang peduli ekologi yang berpartisipasi dalam acara ini. Ada Sahabat Alam, Komunitas Organik Indonesia dan lain-lain. Selain itu ada juga demo pemanfaatan sampah. Hadir juga pengusaha pengelolaan sampah Baedowy. Bintang tamu yang dihadirkan juga tidak tanggung-tanggung, ada Adie MS dan Ardian Martadinata. Namun ada beberapa hal yang menurut saya mengecewakan. Salah satunya adalah ketika pemutaran film dokumenter tiba-tiba laptopnya mati dan film tidak dilanjutkan (penonton kecewa). Kemudian beberapa fotografer yang menurut saya mengganggu karena menghalangi pandangan penonton. Saat talkshow pun kursi yang disediakan untuk peserta sangat sedikit sehingga peserta harus duduk di lantai. Mungkin karena saya tidak mengikuti acara ini dari awal jadi saya merasa acara ini lebih terlihat sebagai acara seni ketimbang acara ekologi. Overall saya bangga teman-teman dari FEMA IPB bisa menyelenggarakan acara sebesar ini. Mungkin ada baiknya saran dari moderator seminar yang mengatakan “kalau bisa tahun depan acaranya jangan dilakukan di ruangan ber-AC, karena ini acara ekologi” didengar. Maju terus IPB.

8 thoughts on “Meet Adie MS (INDEX 2011)

Leave a Reply

