Pahlawan dan Super Hero


pah·la·wan n orang yg menonjol krn keberanian dan pengorbanannya dl membela kebenaran; pejuang yg gagah berani;
bakiak suami yg sangat patuh (takut) kpd istrinya; — kesiangan 1 orang yg baru mau bekerja (berjuang) setelah peperangan (masa sulit) berakhir; 2 orang yg ketika masa perjuangan tidak melakukan apa-apa, tetapi setelah peperangan selesai menyatakan diri pejuang;
ke·pah·la·wan·an n perihal sifat pahlawan (spt keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, dan kekesatriaan)

Petikan di atas saya ambil dari KBBI online. Pahlawan di artikan sebagai seseorang yang menonjol dalam membela kebenaran. Orang yang berbuat kebaikan tanpa pamrih. Orang yang meletakkan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi. Pahlawan juga orang yang gugur di medan perang demi kebenaran. Tanggal 10 november ditetapkan sebagai hari pahlawan. Dipilihnya tanggal 10 november juga untuk mengenang pertempuran di surabaya pada tanggal 10 november 1945. Saat itu terjadi peperangan yang luar biasa. Kisah tentang Bung Tomo yang luar biasa tentu tidak mudah terhapus dari ingatan bangsa indonesia. Beliau telah menunjukkan teladan yang luar biasa yang harus kita contoh.

PAHLAWAN IS THE REAL SUPER HERO

Sebenarnya pahlawan dan super hero mempunyai arti yang sama. Hero atau super hero dalam bahasa indonesia memiliki arti pahlawan. Tetapi saya katakan bahwa pahlawan adalah super hero yang sesungguhnya karena pahalwan benar-benar hadir dalam kehidupan kita. Banyak kemudahan yang sudah kita nikmati hasil jerih payah dari para pahlawan. Menurut saya tidak berlebihan jika kita mengagumi sosok seorang pahlawan sama dengan kita mengagumi sosok seorang super hero yang ada dalam cerita. Bahkan kita harus lebih mencintai pahlawan-pahlawan kita.

Rasa cinta kita terhadap pahlawan dapat kita tunjukkan dengan terus berprestasi di bidang kita masing-masing. Terus membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik. Pahlawan kita pasti akan sedih jika melihat bangsa ini kacau. Satu hal yang juga ingin saya sampaikan bahwa kita harus mewariskan sosok pahlawan kepada generasi berikutnya. Mungkin tidak pas jika kia bercita-cia menjadi pahlawan tapi setidaknya ini bisa memotivasi kita untuk memupuk jiwa kepahlwanan kita. Sehingga saat generasi yang akan daang telah lahir maka mereka mempunyai sosok pahlawan yang lebih banyak dair yang kita miliki, dengan begitu mereka akan mempunyai banyak sosok yang harus diteladani.

Selamat Hari Pahlawan.

7 thoughts on “Pahlawan dan Super Hero

  1. kata bung Karno, :”JASMERAH”,…..’jangan melupakan sejarah’…..yang berarti juga janganlah kita melupakan jasa2 para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk bangsa ini…..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s