Berkat Ngeblog


Jika ditanya manfaat ngeblog bagi saya jawabannya akan panjang. Banyak sekali manfaat yang bisa saya ambil dari ngeblog. Saya memang belum seterkenal Radithya Dika atau Bena. Atau juga seleb-blog yang lain seperti Paman Tyo, Nona Dita dan masih banyak yang lain. Wajar sih –sebagai wujud pembelaan diri Smile with tongue out– saya masih seperti ini karena saya baru ngeblog sembilan bulan 27 hari –terhitung dari 1 januari 2011. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari pengalaman ngeblog saya yang belum lama ini. Diantaranya pasti ada yang enak-enak dan ada bagian yang tidak enaknya.

Bagian yang enak adalah saya bisa mengaktualisasikan diri saya. Saya tidak perlu berrfikir terlalu keras bagaimana tulisan saya dimuat di surat kabar nasional. Atau saya membuat foto yang ditampilkan di majalah National Geographic. Saya cukup membuat tulisan dengan benar –tidak berisi informasi yang salah- dengan gaya saya sendiri. Saya bisa membagi ide saya kepada orang lain. Selain itu saya juga bisa pamer hasil jepretan kamera poket saya. Dan masih banyak hal lain yang bisa saya lakukan tanpa harus bergantung kepada orang lain –penerbit atau apalah itu.

“Bagian yang paling tidak enak dari yang tidak enak adalah ketika saya menyadari kenyataan bahwa ngeblog itu TIDAK GAMPANG

Bagian menyenangkan yang lain tentunya persahabatan dan persaudaraan. Pada saat pertama kali membuat akun blog yang sekarang saya gunakan ini tidak pernah terlintas akan persahabatan dan kekeluargaan antar blogger yang begitu kuat. Saya ngeblog ya karena ingin pamer –ini jujur lho. Akan tetapi sahabat-sahabat blogger memberikan sesuatu yang lebih dari itu. Mereka memberikan apresiasi yang luar biasa, kritik, saran dan tentunya keramahan yang juga luar biasa. Setelah persahabatn dan kekeluargaan saya ingin mengatakan bahwa berkat ngeblog wawasan saya bertambah. Ini saya rasakan sendiri, banyak sekali informasi yang saya dapatkan dari blog teman-teman. Jujur, blogging membuat saya jadi up to date terhadap informasi –ketahuan deh sebelumnya ga up date Open-mouthed smile. Nilai plus yang lain tentunya keterampilan berbahasa yang makin meningkat. Ini juga pendapat saya sendiri setelah membandingkan postingan di awal-awal ngeblog dengan postingan yang sekarang –yah walaupun yang sekarang juga masih belum bagus.

Sebenarnya masih banyak lagi hal lain yang menyenangkan dan bermanfaat dari ngeblog. Tidak adil rasanya jika saya tidak menceritakan bagian yang tidak enak. Bagian yang paling tidak enak dari yang tidak enak adalah ketika saya menyadari kenyataan bahwa ngeblog itu TIDAK GAMPANG. Dulu saya berpikiran bahwa ngeblog itu sesuatu yang gampang, tetapi setelah saya ngeblog saya bisa memperbaiki pernyataan saya tersebut. Pernyataan yang benar adalah “Ngeblog dengan konsisten itu tidak gampang”. Tak jarang saya merasa malas untuk meng-update blog saya. Penyebabnya bisa karena kesibukan lain atau tidak ada ide untuk menulis. Kadang keadaan ini diperparah dengan sedikit sekali komentar yang saya dapatkan. Ya, bagi saya komentar adalah pembangkit semangat saya untuk ngeblog.

Terakhir saya berharap saya akan terus bisa ngeblog. Saya punya mimpi suatu saat nanti blog saya ini akan jadi sumber inspirasi bagi orang lain. Dari blog saya ini orang akan mengenal profesi saya yaitu Dokter Hewan –saat ini masih banyak yang salah kaprah dengan profesi dokter hewan. Dan dari blog ini pula saya bisa mengembalikan optimisme saya ketika saya sedang pesimis –ketika saya sudah menulis tentang optimisme tentu saya harus jadi orang yang optimis pula. Saya tahu ini semua adalah mimpi, biarkan waktu yang akan menjawabnya.

Salam Blogger dan Selamat Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2011!

26 thoughts on “Berkat Ngeblog

  1. Blog kita ternyata seumuran, ya? Cuma beda sebulan Blog saya ada sejak 5 Feb 2011, posting pertama 6 Feb 2011. Mudah-mudahan kita bisa konsisten sampai bertahun-tahun ya, Gung. Selamat Hari Blogger Nasional……..

  2. haha, bener banget Mas. menjaga kontinuitas dalam menulisnya itu yang sulit.
    Makanya saya juga kadang ngilang empat harian. hehe
    selamat hari blogger nasional, semoga dg ngeblog kita bisa menyatukan kembali masyarakat indonesia yang makin renggang🙂

Leave a Reply

