Karena kita adalah bagian dari Bumi


Beberapa hari yang lalu saya terlibat dalam sebuah diskusi yang cukup seru di rumah kontrakan saya. Memang sudah menjadi tradisi kami untuk mengkritisi semua hal yang kami anggap baru. Yang menjadikan diskusi kami selalu menarik ialah karena rumah kontrakan kami dihuni oleh enam orang dari enam fakultas yang berbeda. Jadi setidaknya ada enam sudut pandang keilmuan yang berbeda, walaupun kami terkadang belum benar-benar paham tentang masalah yang dibicarakan. Malam itu kami berbicara masalah kampanye perlindungan terhadap orang utan yang akhir-akhir ini kembali marak di social media. Satu pertanyaan yang saya dengar malam itu adalah “seberapa penting sih keanekaragaman hayati bagi kita?’”.

Tidak semua orang mengerti pentingnya keanekaragaman hayati. Mungkin saat ini orang-orang yang tidak peduli terhadap keanekaragaman hayati termasuk orang yang tidak paham tentang keanekaragaman hayati itu sendiri. Walaupun ada juga orang yang paham tetapi tidak peduli. Keanekaragaman hayati sangat penting bagi kita. Bumi dapat diibaratkan menjadi sebuah kesatuan. Atau sebuah tubuh. Semua yang ada di bumi ini saling berkaitan. Tentunya termasuk kita umat manusia. Seperti halnya tubuh manusia. Ketika ada suatu bagian yang terganggu maka bagian lain akan ikut merasakan efeknya. Begitu juga dengan bumi kita ini. Satu komponen saja dari bumi ini ada yang berubah maka akan menimbulkan efek terhadap komponen bumi yang lain.

Saya mengutip dari situs WWF yang menganalogikan bumi sebagai sebuah mesin. Terdiri dari roda, gerigi, dan lain-lain. Seperti halnya mesin yang selalu dinamis bumi juga demikian. Adanya perubahan yang terjadi pada bagian bumi, katakanlah suatu spesies tertentu maka akan dikompensasi oleh komponen yang lain. Di sekolah dasar kita diajarkan tentang keseimbangan antara mangsa dan predator. Jadi bumi punya mekanisme sendiri dalam mengatasi perubahan yang terjadi. Namun bumi juga mempunyai batas tertentu dalam menyeimbangkan keadaan. Seperti pegas yang kita tarik terlalu kuat maka pada suatu titik tertentu akan kehilangan gaya pegasnya. Itulah yang terjadi pada bumi kita saat ini. Kita telah sampai pada suatu keadaan yang tidak bisa diseimbangkan kembali oleh bumi.

Sudah saatnya kita sadar akan hal ini. Jika saya ditanya mengapa keanekaragaman hayati itu penting bagi manusia karena manusia adalah bagian dari bumi itu snediri. Bagian yang akan turut merasakan sakit apabila bagian lainnya sakit.

Selamatkan Bumi Kita!

Sumber bacaan

Situs WWF

2 thoughts on “Karena kita adalah bagian dari Bumi

  1. manusia adalah bagian dari keanekaragaman hayati. satu sama lain saling membutuhkan. hewan tumbuhan dan manusia terikat simbiosis mutualisme. sehingga satu sama lain harus saling melengkapi. save our earth!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s