Catch The Spider


P3240815

Kali ini saya ingin bercerita tentang kesulitan saya memotret laba-laba. Saya sudah mencoba beberapa kali dan hasilnya tetap sama yaitu saya tidak bisa memotret sarangnya. Walaupun laba-laba yang saya potret mempunyai ukuran yang cukup besar tetapi saya masih kesulitan untuk mendapatkan gambar sarang laba-laba sekaligus laba-labanya. Foto di atas merupakan foto laba-laba terbaik yang pernah saya ambil. Hm…. barangkali pembaca punya tips untuk memotret laba. Saya tunggu komentarnya.

Salam!

38 thoughts on “Catch The Spider

  1. keren kok mas, saya juga pernah tertantang memotret laba-laba dengan kamera ponsel, kalau ngga salah dulu fotonya saya upload di posterous🙂

  2. ketika masih kecil dulu, saya sering berburu laba-laba bareng teman-teman untuk dikoleksi. senang sekali bisa melihat berbagai jenis laba-laba dengan warna dan bentuk yang unik. salam kenal sahabat….

  3. Setau saya, sarang laba-laba itu memantulkan cahaya. Jadi sebaiknya di-shoot pada saat ada cahaya yang menyinari langsung sarang laba-laba tersebut, entah cahaya matahari atau lampu. Tapi latar belakangnya harus tetap gelap, ya…. Selain itu sebaiknya diafragma dikecilin (f) supaya fokusnya lebar. Dan jangan gunakan autofokus. Geser fokus lensa secara manual sampai sarang laba-labanya terlihat jelas di kamera. Coba deh.🙂

  4. Tips: tingkatkan Exposure di kamera digital, kemudian tambahkan sedikit Contrast. Atau Definition, yang manapun di antara keduanya.

    Jika menggunakan kamera DSLR, jangan pakai Autofocus – coba pakai pengaturan lensa secara manual, sampai fokus 100% pada laba-laba dan jaring-jaringnya. Jika pakai kamera saku, masukkan saja mode makro terlebih dahulu – biar gak goyang-goyang fokusnya, gak kaya’ kalau pakai Autofocus.

    Hindari menggunakan efek Bokeh di latar belakang. Pakai saja latar yang agak gelap untuk memotret hewan-hewan kecil seperti serangga, apalagi kalau pakainya kamera saku.

    Ah, dan ini foto yang bagus, mas😀 Diambilnya pakai kamera model apa? Seri berapa?

    • ini pake olympus fe-47
      iya juga ya, saya kok ga kepikiran untuk menhindari bokeh, biasanya saya motret serannga emang sengaja saya bikin belakangnya bokeh, ternyata klo laba-laba belakangnya (backgroundnya) bokeh=jaringnya ga kelihatan
      nice tips

  5. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET.

    Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

  6. Pake lensa apa nih? baiknya sih untuk insect dan bunga bisa pake macro lens sehingga detailnya keliatan jelas.. keep shooting dan seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Iraq.. ya Iraq yang masih meledak-ledak itu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s