Reog, Pencak Silat, Hingga Membatik dan Wisata Kuliner Semuanya ada di Genus 2011


Gebyar Nusantara atau sering disingkat Genus adalah suatu acara tahunan di IPB. Acara ini menampilkan kebudayaan dari seluruh Nusantara. IPB terkenal dengan keragaman mahasiswanya. Bisa dibilang IPB memiliki koleksi mahasiswa yang komplit dari seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Keragaman inilah yang diberdayakan sebagai sarana untuk mengenal budaya Nusantara.

Tahun 2011 ini Genus diadakan pada tanggal 1-2 Oktober bertempat di GWW. Gelaran Genus selalu menarik bagi saya. Saya sendiri selama kuliah di IPB tidak pernah absen untuk mengikuti acara ini. Namun menurut saya Genus tahun ini lebih menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.Terutama dari stand para peserta festival. Saya sangat terkesan dengan hadirnya stand dari OMDA (Organisasi Mahasiswa Daerah) Pekalongan dan Yogyakarta yang menyediakan fasilitas untuk belajar membatik. Terus terang ini pengalaman pertama saya memegang canting batik. Ditambah lagi tanggal 2 oktober merupakan hari batik jadi semakin langkap dan ternyataaa.. membatik itu sangat susah dan njlimet.

Selain Batik di Genus 2011 saya juga bisa mencoba memainkan sasando alat musik dari Nusa Tenggara Timur. Bentuknya unik dan menurut saya sangat bagus. Peserta dari OMDA Kudus menampilkan alat untuk membuat rokok. Ternyata alatnya cukup sederhana lho. Selain itu saya juga berkesempatan mencicipi aneka masakan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pertunjukan seni tak kalah menarik dari stand pameran. Di panggung pertunjukan penonton disuguhi berbagai macam atraksi. OMDA Riau yang merpakan OMDA saya menampilkan Atraksi Pencak Silat. Malahan dari OMDA lain ada yang membawa kuda masuk ke dalam gedung untuk melakukan atraksi. Tak ketinggalan juga tampil Reog Ponorogo yang konon pernah diklaim oleh negara lain.

Secara keseluruhan saya ingin mengucapkan kepada semua pihak yang terlibat dalam acara Genus 2011 bahwa acara ini sangat sukses. Tentunya kita berharap ini akan menambah rasa cinta kita terhadap tanah air. Merdeka!

Oh iya, saya ditemani oleh dua orang teman saya (blogger juga lho) Abrar dan Aldi.

7 thoughts on “Reog, Pencak Silat, Hingga Membatik dan Wisata Kuliner Semuanya ada di Genus 2011

  1. wow..keren deh…
    dulu pas kuliah disana gak sempet liat acara begituan…hmmhh….
    merasakan GWW cuma pada saat pendaftaran dan ospek…

    salute deh buat anak-anak IPB yg makin kreatif…

  2. Genus… yang paling berkesan adalah makanannya #plak Hkeke… waktu di sana mau nyoba mbatik juga di stand, tapi gak sempat.😛

Leave a Reply

