Firework (takbiran 2011)


Alhamdulilah….

Idul Fitri tahun ini saya berkesempatan untuk mengunjungi kampung halaman saya di Kabupaten Kuantan Singingi Prop. Riau. Kurang lebih tiga tahun saya sudah tidak pulang ke kampung halaman saya tercinta. Saya juga beruntung karena berkesempatan untuk mengikuti festival takbir yang diadakan di desa saya. Banyak momen yang berhasil saya abadikan, walaupun banyak juga foto yang saya hapus karena kurang memuaskan. Dan yang paling menarik menurut saya adalah acara pertunjukan kembang api.

Memotret kembang api tidak terlalu sulit. Kita dapat menggunakan kecepatan rana yang rendah untuk mendapatkan efek dinamis dari kembang api. ISO rendah menghasilkan foto yang lebih baik (tidak noise) dibandingkan dengan foto dengan ISO tinggi. Saya kebetulan menggunakan kamera poket yang dilengkapi mode firework. Tetapi saya juga mencoba memotret dengan mode manual. Kesulitan yang saya temui adalah susahnya menentukan dimana kembang apa akan meledak. Beberapa kali sayamendapatkan foto dengan objek kembang api tidak tepat ditengah atau terpotong. Tetapi untuk mengatasi masalah seperti ini kita bisa melakukan cropping.

 

13 thoughts on “Firework (takbiran 2011)

  1. wah..ternyata hasil jepretan pocket camera gak kalah bagus yah sama dengan menggunakan DSLR….
    tapi semua poket kamera bisa begitu gak yah?…
    soalnya beberapa poket kamera kalo untuk memotret di malam hari harus menggunakan flash, kalo nggak gelap hasilnya..
    padahal kalo pake flash, objek gambarnya jadi terlalu terang….gak rata cahayanya….

Leave a Reply

