Wash your hand!


Mencuci tangan merupakan suatu kebiasaan yang baik. Akan tetapi, seringkali kita melupakan kebiasaan ini. Padahal kebiasaan cuci tangan sudah dibiasakan sejak kita kecil. Cuci tangan sebelum makan, cuci tangan setelah dari kamar mandi dan masih banyak lagi. Ternyata dengan mencuci tangan kita bisa mencegah banyak sekali penyakit. Mengapa tangan? karena kita melakukan banyak hal dengan menggunakan tangan. Menulis, mengetik, dan membuang sampah sampai makan kita menggunakan tangan kita. Dengan begitu, otomatis akan banyak sekali kuman-kuman yang menempel pada tangan kita. Dan apabila kita tidak mencuci tangan maka kuman-kuman tersebut akan masuk kedalam tubuh saat kita makan, saat kita mengucek mata dan sebagainya. Makan hanya salah satu contoh bagaimana kuman masuk kedalam tubuh kita. Masih banyak cara-cara yang lain yang membuat kuman dapat masuk kedalam tubuh kita. Dan ternyata 80% dari penyakit infeksius ditularkan lewat sentuhan (sumber). Hal yang cukup luar biasa bukan?. Kita tidak mungkin membuat tangan kita menjadi tangan yang steril. Artinya benar-benar tidak terdapat kuman pada tangan kita, tetapi kita dapat menurunkan jumlah kuman yang ada di tangan kita hingga ke level yang tidak membuat diri kita menjadi sakit. Salah satunya tentu dengan cuci tangan.

Setelah kita mengetahui pentingnya cuci tangan, lalu bagaimanakah cuci tangan yang baik?. Mungkin terdengar seperti pelajaran yang biasa diberikan kepada siswa taman kanak-kanak atau siswa sekolah dasar. Tetapi cara cuci tangan yang salah tidak akan membuat kita menjadi sehat. Bahkan ada lelucon “cuci tangan itu bukan memandikan kuman”. Artinya apa? tidak disebut cuci tangan jika kita tidak mencuci tangan kita dengan menggunakan sabun. Seperti apakah cuci tangan yang benar?. Bukan bermaksud menggurui, tetapi saya sendiri tidak tidak mengetahui cara cuci tangan yang benar sebelum saya duduk di bangku kuliah. Ternyata banyak yang harus kita perhatikan dalam melakukan cuci tangan yang benar. Seperti yang ada di gambar di bawah ini.

Tanpa kita sadari, banyak sekali daerah pada tangan kita yang terlewat saat kita mencuci tangan. Tentunya kita juga tidak ingin kecolongan oleh kuman kan.

Lalu kapan kita sebaiknya mencuci tangan?

Intinya saya ingin mengajak kita semua untuk mulai mencuci tangan. Mungkin akhir-akhir ini sering kita dengar bahwa ada penyakit seperti flu burung dan flu babi atau swine flu. Tentunya kta jangan terlalu cemas akan hal tersebut karena itu semua dapat kita cegah dengan memulai hidup bersih. Salah satunya tentu dengan mencuci tangan.

Salam!

7 thoughts on “Wash your hand!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s