Agroterrorism


Menurut wikipedia agroterrorism adalah penyalah gunaan penyakit agen penyakit hewan atau tanaman yang dapat menybabkan kerusakan pada sektor pertanian.

Selama ini kita sudah sering mendengar aksi teror. Aksi yang membuat masyarakat mengalami keresahan dan kepanikan luar biasa. Untuk kita yang berada di negara Indonesia sudah sangat sering mendengar tentang terorisme, sampai yang paling baru adalah tentang bom buku.

Selain teror yang menggunakan bom, kita juga sering mendengar adanya ancaman teror dengan menggunakan senjata biologis. Penyalah gunaan bahan biologis disebut bioterrorism. Bioterorisme ini sangat membahayakan manusia. Mungkin kita masih ingat tentang pengiriman spora anthraks ke gedung putih. Spora anthraks bisa bertahan sekitar 30 tahun di lingkungan. Dapat kita bayangkan jika aksi ini berhasil.

Dengan pemikiran-pemikiran ini maka para ahli mulai berfikir tentang ancaman agroterorisme. Dapat kita bayangkan jika yang diserang adalah sketor pertanian maka akibat yang ditimbulkan akan sangat fatal. Pertanian langsung berhubungan dengan pangan. Misalnya teroris menggunakan suatu virus tertentu yang dapat menyebabkan padi pada suatu daerah tertentu gagal total. Ironisnya, belum banyak tindakan yang diambil untuk menyiasati hal ini, walaupun memang belum ada dilaporkan kasus agroterorisme ini.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hal ini tentunya dengan memperkuat sistem karantina suatu negara. Produk tanaman atau tanaman itu sendiri harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dibawa masuk ke suatu negara. Selain tanama, hewan juga harus ketat pengawasannya. Tentunya untuk menyiasati ancaman ini diperlukan komitmen dari semua komponen dalam suatu negara.

Salam!

17 thoughts on “Agroterrorism

  1. Whoooo…serem banget ya, padahal hanya bermula dari sebuah tanaman.
    Ngeri banget dampaknya.
    Oh..ya, gue seneng banget tuh lambangnya Biohazard.
    Keren😀

    • untung nya belum ada laporan tentang kejadian ini, tapi kita wajib waspada kan, bukan cuma dari tanaman aja lho, dari produk tanaman, dari hewan, dan produk hewan juga

      mengenai lambang biohazard itu ada filosofi di balik lambang itu

    • bisa mas, langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah adalah memulai hidup bersih, selain itu tentu memperkaya wawasan tentang pertanian heheheheh
      salam!

  2. yaaaah… jadi film2 yang meneror dengan chemical weapon akhirnya ada juga yah di dunia nyata? teroris ini kok tega sekali yah… kalo sampe agroterorism sampe ada… stresss geelaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s