Panoramic Photo dengan Kamera Poket? Why not!


Apa itu Panoramic photo atau foto panorama?

Terus terang saya sendiri belum sepenuhnya paham tentang apa yang dimaksud dengan foto panorama. Menurut saya, foto panorama adalah foto hasil dari penggabungan beberapa foto sehingga menhasilkan sudut yang sangat lebar. Sebenarnya banyak informasi tentang foto panorama sperti wikipedia yang mendefinisikan foto panorama sebagai foto yang memiliki sudut pandang lebih dari sudut mata manusia. Intinya dengan foto panorama kita bisa melihat lebih banyak dibandingkan dengan kita melihat langsung. Sebagai ilustrasi jika kita ingin melihat objek dalam foto panorama secara langsung kita harus berputar (memandang sekeliling). Untuk lebih jelasnya silahkan melihat contoh foto panorama yang ada di internet.

Kemudian apa yang menarik dari membuat foto panorama?. Menurut saya pertanyaan ini sudah terjawab di atas. Dengan foto panorama kita dimungkinkan untuk melihat area yang lebih luas. Misalnya kita bisa melihat satu kota dalam satu foto. Karena foto panorama merupakan gabungan dari beberapa foto, maka konsekuensinya ukuran file foto (foto digital) menjadi sangat besar. Selain itu foto yang di klaim sebagai foto dengan resolusi terbesar di dunia adalah foto panorama.

Penggunaan kamera poket sebagai alat untuk membuat foto panorama sangat didukung oleh produsen kamera seperti kamera produksi canon dan sony ini. Saat ini sudah banyak kamera poket yang dilengkapi dengan fitur panorama. Malahan kamera handphone pun sudah banyak yang dilengkapi fitur ini. Jadi apa salahnya kita mencoba yang satu ini?

Salam!

Foto di atas saya ambil dari kompleks perumahan tempat saya tinggal. Cukup cari tempat yang agak tinggi, sebaiknya merupakan area yang tidak banyak penghalang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai horizon foto kita miring. Untuk proses penggabungannya saya menggunakan software adobe photoshop.

2 thoughts on “Panoramic Photo dengan Kamera Poket? Why not!

    • iya tuh, saya bingung uploadnya, klo file aslinya sih gede hehehe

      klo saya biasanya fot panorama naik ke atas atap mas, jadi view nya atap rumah tetangga aja hehehe

Leave a Reply

