Apa yang salah dengan tempat umum?


Alasan saya menulis ini adalah jokes dari salah satu dosen saya yang sangat menggelitik menurut saya. Sering terjadi di kehidupan sehari-hari, bahkan seperti kesalahan yang dimaklumi bersama. Lalu pakah ada yang salah dengan tempat umum? jawabannya bisa bervariasi. Tergantung dari sudut pandang yang mana kita menjawab pertanyaan tersebut. Misalnya tempat umum ini terlalu kotor, terlalu sempit dan lain-lain. Bisa saja tempat umum tersebut tidak ada salahnya, nyaman, luas, hijau, enak dilihat dan lain-lain. Terlepas dari itu semua yang ingin saya kritisi adalah pendapat yang mengatakan bahwa kita bis berbuat semaunya di tempat umum.

“emang kenapa? ini kan tempat umum, suka-suka gw donk”

Hal seperti ini sering saya temui. Sebagai contoh ada orang merokok di tempat umum, ketika di tegur dengan entengnya dia menjawab “emang kenapa? ini kan tempat umum, suka-suka gw donk”.Nah lho? kok jadi malah kebalik, bukannya seharusnya karena ini tempat umum maka kita tidak bisa bertindak seenaknya. sekilas memang lucu kedengarannya, tetapi pernyataan seperti itu sering saya denganr dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saya baru menyadari kekeliruan ini saat dosen saya bercerita tentang supir angkot.

“justru karena ini tempat umum makanya lw ga bisa semau lw”

Beliau mungkin salah satu orang yang sangat tidak suka dengan supir angkot. Kejadiannya adalah ada sebuah angkot yang tiba-tiba memotong jalan dari sebelah kiri, tentu saja bapak dosen marah dan menegur supir angkot tersebut. Dan ternyata jawabannya tidak beda dengan jawaban di atas. Sungguh aneh memang, tetapi itulah yang terjadi.

Leave a Reply

