Peraturan untuk dilanggar?


“ya elah, nyante aja kali, peraturan kan dibuat untuk dilnggar”

sering sekali saya mendengar kalimat itu keluar dari orang-orang di sekitar saya. Tujuan mereka mengatakan demikian berbeda-beda, ada yang menganggapnya sebatas  jokes, sampai benar-benar mengatakan demikian karena baru saja sengaja melanggar atau tidak sengaja melanggar peraturan. Lalu apakah memang benar peraturan dibuat untuk dilanggar?. Menurut http://kamusbahasaindonesia.org peraturan mempunyai arti yaitu kaidah yang digunakan untuk mengatur. Tentunya mengatur agar tercipta suatu keaddan yang teratur.

Berbicara mengenai keteraturan, saya menganggap keteraturan juga tidak selamanya baik. Kadang-kadang kita juga membutuhkan sesuatu yang merubah keteraturan tersebut. Mengapa saya berpendapat demikian? karena keteraturan yang terus menerus tentunya akan menghasilkan sesuatu yang statis, sesuatu yang sangat membosankan.

Kembali ke masalah pendapat “peraturan ada untuk dilanggar”. Saya sangat tidak setuju dengan pendapat tersebut. Mungkin akan lebih bijak jika setelah kita melanggar suatu peraturan maka itu merupakan suatu bukti bahwa peraturan tersebut masih sangat dibutuhkan. Saya memandang peraturan seperti lampu merah, bisa jadi anda selamat saat anda menerobos lampu merah, bahkan tanpa berurusan dengan yang berwajib, tetapi kita tidak akan tahu, sampai kapan keberuntungan itu akan selalu berpihak kepada kita.

Kadang saya juga berpikir mungkinkah lemahnya law enforcement di Indonesia ini karena masyarakat kita sudah terbiasa dengan kalimat di atas?. Mungkinkah ketidak pedulian kita terhadap UU juga mempunyai hubungan dengan kalimat tersebut?

Leave a Reply

